Loading...
Get Benefit

Peluang Bisnis Online yang Tak Disangka Dapat Kamu Lakukan

Bisnis online

Banyak peluang bisnis online yang muncul seiring berkembangnya teknologi. Dulu, membuat website tergolong sulit karena memerlukan pengetahuan mendasar coding HTML Javascript dan lainnya. Namun sekarang, kita dapat membangun situs e-commerce kita sendiri hanya dalam waktu hitungan jam (bahkan menit). Apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan uang di Internet?

1. Professional Blogger

Masih ingat zaman kejayaan Blogger dan WordPress? Kita bebas sesuka hati menulis artikel tentang pengalaman hidup, sharing knowledge, atau pacar mungkin? Jika kamu orang yang suka menulis, ada baiknya kamu mulai untuk blogging.

Wait, bukannya blogging sudah ada dari dulu? Betul, namun dulu kamu hanya bisa blogging lewat situs-situs blogging. Tapi sekarang, sangat mudah untuk membangun websitemu sendiri dan menulis artikel disana.

Darimana awal saya belajar tentang professional blogger?

Ada beberapa referensi yang kamu bisa baca dan praktekkan. Saya senang dengan isi konten blog https://hubspot.com untuk pembelajaran, walaupun Hubspot sebenarnya bukan blog. Lalu kamu juga bisa baca buku Blogging For Dummies tulisan Shane Birley dan Susannah Gardner. Atau kamu bisa juga searching di Google mengenai “How to Start Blogging Today”.

Bagaimana cara membangun websitenya?

Pertama, kamu tentukan dulu ingin menulis dengan topik umum apa. Ini berguna untuk memilih nama domain yang unik dan menggambarkan isi dari blogmu. Contohnya jika topik umum blogmu adalah tentang tips produktivitas, maka kamu dapat membuat domain www.productivity.com atau www.productivitips.com, misalnya.

Kedua, tentukan penyedia layanan Hosting. Kamu akan “menyimpan” websitemu pada penyedia layanan ini so pastikan bahwa mereka memang penyedia hosting yang baik.

Ketiga, pilih platform websitemu. Sekarang, membangun website tidak perlu dimulai dari nol (kayak Pertamina). Kamu bisa pilih Drupal atau WordPress sebagai platform websitemu. Tinggal install pada Hostingmu, pilih desain yang kamu suka, dan voila kamu sudah bisa blogging di websitemu.

2. Bisnis Online di Situs e-Commerce Marketplace Sendiri

Pernah jualan di Kaskus FJB? Atau di Tokopedia? Atau di Bukalapak? Kenapa tidak coba bikin toko onlinemu sendiri? Kamu bisa melakukan branding produkmu dengan leluasa tanpa harus mengikuti aturan marketplace yang ada. Lagipula, jika kamu jualan di marketplace-marketplace tersebut, untuk satu produk saja kamu dapat memiliki ribuan saingan. Sehingga yang jadi faktor penentu pembeli membeli produkmu hanyalah harga, dan reputasi. Dengan memiliki marketplace sendiri, kamu bisa berjualan bebas tanpa ada saingan dan reputasi tokomu bisa naik.

Belajar darimana ?

Untuk hal ini, saya lebih senang menganjurkan kamu untuk membaca tentang bisnis. Saya menyarankan kamu membaca Business Model Generation karya Alexander Osterwalder. Buku itu tidak spesifik menjelaskan tentang bisnis e-commerce. Namun cukup untuk jadi pengetahuan dasar bagaimana model bisnis telah berubah dengan teknologi. Selanjutnya untuk lebih spesifik, kamu bisa baca buku Smart Guide Jualan Online karya Adhi Prasetio. Kamu juga dapat search di Google “Starting Ecommerce Business, Competitive Strategy”.

Again, how to build the website?

Hampir sama dengan membuat website untuk professional blogger, namun platform yang digunakan bisa Woocommerce (WordPress) atau Prestashop. Kamu bisa cari tahu lebih dalam mengenai kedua platform tersebut. Namun, saya lebih senang menggunakan WordPress di setiap pembangunan website saya.

3. Menjadi Instruktor

Ya, jika kamu punya keahlian khusus, kamu bisa jual jasa kursus online. Kamu bisa upload video tutorial, atau artikel, lalu mengadakan kuis dan memberikan sertifikat online bagi yang telah mengikuti coaching dengan baik.

Referensinya, kamu bisa baca Leading the Learning Revolution oleh Jeff Cobb. Disana dijelaskan detil bagaimana kursus online sekarang menjadi sesuatu yang dicari. Atau kamu juga bisa searching “Starting Coaching Online”.

Platform yang bisa kamu gunakan pun beragam. Bisa menggunakan Chamilo LMS atau Moodle. Tapi saya menyarankan Chamilo LMS karena lebih intuitif dan desainnya menarik.

4. Mengisi Survei

Ya, mengisi survei adalah hal yang paling membosankan, dan ini berpotensi menjadi bisnis online. Disisi lain, perusahaan membutuhkan input untuk mengembangkan produk mereka menjadi lebih baik. Mengikuti hukum supply and demand, akhirnya input untuk perusahaan semakin sulit untuk didapat dan menjadikannnya semakin “mahal”. Maka dari itu, terdapat jasa paid survey untuk mengatasi hal tersebut.

Apa tuh paid survey?

Sebenarnyagak penting pengertiannya. Apa yang penting? Bagaimana kamu bisa mendapatkan uang dari mengisi survey. Jadi perusahaan akan menyediakan survey di beberapa situs online survey. Setelah kamu mengisi, kamu akan diberikan imbalan sesuai dengan ketentuan situs online survey tersebut. Biasanya berupa voucher, diskon, maupun cash langsung.

Ayo dong dimana ngisinya?

HATI-HATI! Ada beberapa situs yang merupakan penipuan (scam) sehingga telusuri lebih lanjut jika kamu menemukan website online survey. Dari hasil penelusuran lebih dalam lewat forum dan artikel lainnya, website-website ini terbukti membayar:  Toluna, Viewfruit, iPanelOnline.

5. Menjadi Pekerja Lepas (Freelancer)

Freelance adalah bekerja secara bebas tanpa ikatan kontrak dengan perusahaan tertentu, orang yang bekerja freelance disebut dengan freelancer, atau ada juga yang menyebut sebagai pekerja lepas. Jadi makna free disini bukan bermakna gratis.

Dikatakan bisnis online sih tidak juga, namun memang freelance ini lebih mudah jika kamu memiliki keahlian remote (bahasa saya untuk keahlian yang dapat menyelesaikan pekerjaan jarak jauh). Memang biasanya freelance berhubungan dengan komputer seperti programming, animating, content writing, namun banyak juga yang dapat dilakukan offline: marketing, music composing, film making.

Kamu bisa menyajikan jasa kamu di situs-situs freelancing ternama: Sribulancer.com, Freelancer.com, Fiverr.com. Pihak yang membutuhkan jasa kamu akan menemukanmu disana dan memilih orang yang layak untuk mengerjakan proyek mereka berdasarkan portfolio, rating, dan review dari klienmu yang lain.

Berapa harga dari jasamu nanti? Jawaban singkatnya: tergantung. Kamu akan mengajukan biaya dari jasamu berdasarkan budget yang diberikan calon klienmu. Klienmu akan membandingkan penawaranmu dengan penawaran orang lain dan memilih mana yang terbaik.

6. Bisnis Online dengan Menjadi Penjual Pulsa Kekinian

Dulu pulsa hanya untuk biaya prabayar ponsel. Sekarang sudah banyak model pulsa yang dapat kamu jual dan cukup menguntungkan diantaranya: Google Wallet, Steam Wallet, Listrik, Go-Pay, dan Grab Pay.

Ini bisa jadi lahan bisnis online karena tidak semua orang bisa mengisi pulsa tersebut karena biasanya pulsa deposit hanya dapat diisi ulang melalui ATM atau internet banking. Jadi kamu harus punya internet banking (atau ATM lebih sabi; mesinnya) untuk berjualan pulsa-pulsa diatas.

Contribution Article